Resume
ke : 19
Gelombang
: 23 dan 24
Hari/Tanggal/Waktu
: Senin/28 Februari 2022/19.00 WIB
Materi
: Pemasaran Buku
Narasumber
: Agus Subardana, SE, MM
Moderator
: Raliyanti
Seharian
ini saya mager. Sepertinya badan saya tahu kalau hari ini libur. Jadi bawaannya ngantuk. Kebetulan diluar cuaca panas disertai angin yang lumayan
kencang. Seolah mendukung saya untuk ngadem dan tidur di kamar.
Bersyukur
pelatihan malam ini kembali membuat saya move on dari mager dan move up membuka
laptop untuk bersiap menerima materi.
Di penghujung Februari bertepatan dengan perayaan Isra’ Mi’raj pelatihan ke-19 kami mulai. Materi ini cukup menggelitik perhatian saya. Kok ada materi pemasaran buku segala.
Pemateri kali ini adalah Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau adalah seorang Director of Marketing Andi Publisher.
Industri Penerbitan
Buku Skala Global Saat Pandemi
Merujuk laporan
Nielsen BookScan ICM, penjualan buku secara global dari awal pandemi hingga
akhir 2021 mengalami pertumbuhan cukup signifikan.
Bisa dilihat pada
tabel.
Tetapi fenomena ini
berbanding terbalik untuk Indonesia. Industri penerbitan di Indonesia justru
turun 50% - 80%. Dikutip dari situs resmi www.ikapi.org
hal ini terjadi disebabkan tutupnya sekolah-sekolah, toko-toko buku, dan
berkurangnya pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.
Survei Ikapi menunjukkan:
penjualan turun lebih dari 50% dan ini dialami
sekitar 58,2% penerbit; 50% penerbit menyatakan pandemi mempengaruhi
kinerja karyawan selama work fome home (WFH); 60,2% penerbit hanya sanggup menggaji
karyawan selama 1 triwulan; dan hanya 5% penerbit yang sanggup bertahan sampai
satu tahun.
Bersyukur Penerbit
Andi Offset Yogyakarta mampu bertahan. Bahkan ada beberapa genre buku yang peminatnya
justru naik di masa pandemi. Antara lain, genre buku sekolah, buku anak, masak,
self improvement, hukum, bisnis, parenting & family, dan computing &
technology.
Pemasaran Selama
Pandemi
Ada dua fenomena
menarik di industri penerbitan buku pada masa pandemi. Fenomena tersebut adalah :
1. Penjualan secara online dan langsung (directselling).
2. Perubahan pola perilaku konsumen. Terutama pada segmen remaja. Mereka tidak lagi melihat harga, tapi gimmick. Ingin
menjadi orang yang pertama mendapatkan produk bukunya.
Dari fenomena yang muncul industri
penerbitan buku harus pandai membuat strategi dalam pemasaran.
Strategi pemasaran
pada umumnya di pengaruhi oleh dua faktor yang meliputi :
1.
Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok,
pesaing dan masyarakat.
2.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Berdasarkan faktor – faktor tersebut, selama pandemi Penerbit Andi memiliki dua strategi pemasaran, yaitu :
A. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara.
1) Pemasaran buku
lewat Online
Pertama.
Giat melakukan pengelolaan pada buku-buku best seller. Untuk Penerbit Andi
Offset saat ini ada 100 judul buku yang menjadi best seller.
Kedua. Konsisten dan sering menggelar program Pre Order melalui toko buku online,
e-Commerce, maupun reseller individu. Penerbit Andi juga menjual merchandise, e-book,
dan membuat content.
Ketiga.
Melakukan optimalisasi di semua lini produk, baik optimalisasi promosi,
branding, hingga reseller. Buku saat ini sudah menjadi life style.
Keempat.
Melakukan optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online.
Kelima.
Mengelola Dead Stock (buku-buku yang tidak terjual) melalui program diskon dan
melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Menjual buku melalui
komunitas terbilang cukup efektif. Karena peserta komunitas sadar buku. Kuncinya
adalah harus proaktif dalam komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi.
Mengadakan aktifitas
pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema –
tema yang menarik.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF
LINE ).
Penerbit Andi telah
mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga
pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran
buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita
tuju , antara lain :
1. Strategi Pemasaran di Toko Buku
Pemetaan jenis toko
buku. Ini penting untuk memudahkan memasok buku secara rutin.
Ada
tiga jenis toko buku yaitu :
a) Toko Buku Modern, contohnya : Gramedia Books Store,
Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko ini mempunyai sistem
transaksi mengikuti perkembangan teknologi.
b) Toko Buku Semi Modern, biasanya masih
dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko.
c) Toko Buku Tradisional, biasanya sistem transaksinya masih manual
.
Marketing Toko Buku juga harus bisa Selling
skills, artinya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk,
baik itu berupa barang ataupun jasa. Selling skills ini sangat menentukan apa
yang akan dapat kita raih ke depannya; sukses dan tidaknya Kita dalam berbisnis
secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan kita dalam
menjual produk yang kita miliki.
Untuk mempertajam
pemasaran di toko buku dilakukan promosi di toko buku Modern. Beberapa strategi promosi yang dilakukan sbb :
Ø Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
Ø Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
Ø Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
Ø Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
Ø Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
2. Direct selling
atau penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis
yang fleksibel dan berbiaya rendah.
Produk-produk tersebut
dipasarkan dan dijual langsung melalui perwakilan penjualan independen atau Sales
Direct selling. Cara ini memungkinkan kita untuk mengurangi biaya iklan,
menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama
dan jangka panjang.
Tidak semua buku bisa
dijual dengan strategi ini perlu pemetaan berdasarkan jenis kategori buku yang
kita terbitkan. Jenis kategori buku penjualan lewat Directselling ini dibagi menjadi
beberapa target pasar yaitu :
Ø Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
Ø Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
Ø Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis
katagori tersebut diatas maka Penerbit Andi sebagai Industri Penerbitan buku juga melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).
Sebagai penulis
sangat penting bagi kami mendapat materi ini. Kemampuan membaca pasar harus
dimiliki seoarang penulis sehingga buku bisa diterbitkan dan laris manis di
pasaran.
"Teruslah menulis dalam bentuk buku cetak atau digital karena dengan menulis karya akan dikenang selama-lamanya"- Agus Subardana
BalasHapusSelalu terdepan... siapkan pemasaran agar bukunya laris manis...
Bersama-sama Bu Yosefin. Kita pasti bisa
HapusSemangat move on, terus menulis, siap terbit
BalasHapusIn syaAllah Bu Yusbi. Semangat bersama...
HapusMantap Bu Siao dgn Bukunya, sukses selalu Aamiin
BalasHapusTerimakasih Bu Chandra. Sukses untuk bu guru juga.
HapusMantep bun.. keren
BalasHapusTerimakasih bu Moderator nan ramah
HapusF1 bu... seperti yang dikatakan pak Agus: bahwa karya kita berupa buku akan abadi.
BalasHapusKebetulan gak ada kesibukan ini pak makanya bisa cepat.
Hapusbenar-benar bisa memanfaatkan waktunya... siap menuju buku solo.... semangat!!!
HapusLanjut ke bukubsolo lagu buk
BalasHapusIn syaAllah pak. Bersama kita bisa.
Hapusluar biasa materinya.
BalasHapusTerimakasih Omjay untuk kesempatan yang sudah omjay ciptakan untuk orang-orang seperti saya.
HapusF 1 lagi... luar biasa Bu...
BalasHapusKebetulan ini bu. Lagi gak ada kegiatan.
HapusDi temoat saya seharuan mendung tambah bikin ngantuk juga
BalasHapusMari kita move up bersama buuuu
HapusSuksrs selalu Bu Eiduri 👍
BalasHapusLuar biasa bu, semoga s3makin s3mangat
BalasHapushalllo Ibu...sukses teruuuus....
BalasHapusSukses Bu
BalasHapusOptimalkan tuk menjadi buku solo tetap konsisten ..👍
BalasHapus